Naiki Ratusan Tangga; Peserta SCLS Tidak Capek

Agustus 14, 2019 oleh : superadmin-ipols

Pemakaman Imogiri bukan hanya sekadar objek wisata sejarah, tetapi juga digunakan sebagai objek wisata keagamaan. Sebagai makam keturunan bangsawan dari Yogyakarta dan Surakarta, kuburan ini menarik banyak wisatawan asing pada hari-hari tertentu. Peziarah yang datang mengunjungi pemakaman perlu melangkah di atas 410 tangga untuk mencapai puncak bukit di mana makam raja beristirahat.

Yogyakarta (4/8) sebanyak 40 mahasiswa asing mengunjungi pemakaman tersebut. mahasiswa asing yang berasal dari tiga negara berbeda seperti Turkey, Malaysia dan juga Taiwan mengikuti kegiatan summer school yang diadakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama dengan fakultas hukum. Summer school tersebut adalah Summer Course on Law and Sharia. Program pertukaran pelajar selama musim panas atau yang biasa dikenal dengan nama summer course sudah banyak dilakukan.

Sebagai universitas yang terkenal dengan slogan muda mendunia, UMY tunjukan sebagai kampus international-friendly. Program international fakultas hukum, International Program for law and sharia membawa peserta summer school untuk mengikuti kegiatan diluar kelas di akhir pekan. Kegiatan yang akan dilakukan pada kesemoatan ini adalah mengunjungi pemakaman imogiri atau biasa dikenal dengan Tomb Hill.

Perjalanan menuju Tomb Hill dari UMY memakan waktu sekitar satu jam. Sebelum sampai di tempat tujuan, peserta dibawa ke suatu tempat untuk sarapan bersama sebelum memulai aktivitas. Sesampainya di tempat tujuan, dengan semangat dan menggunakan pakaian seragam SCLS peserta menaiki tangga. Tangga yang jumlahnya tidak sedikit itu tidak mematahkan semangat para peserta untuk melihat pemakaman di puncaknya.

Tempat yang sangat bersejarah ini mendapatkan kesan di hati para mahasiswa international. Mereka melihat perbedaan budaya dari budaya mereka masing-masing. Yogyakarta terasa seperti tidak ada habisnya, selalu ada hal baru untuk mereka pelajari dan nikmati. Selanjutnya, peserta berangkat menuju tempat tujuan yang lain yaitu Tebing Breksi Yogya. Sebelum menuju kesana, peserta dibawa ke restaurant untuk menyantap makan siang, ibadah sholat dan juga istirahat sejenak. Setelah sampai di Tebing Breksi Yogya, peserta mengeliligi breksi sambal melihat pemandangan yang sejuk saat itu.

Tebing Breksi merupakan tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah kidul Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. penduduk sekitar kemudian menyulap kawasan Tebing Breksi menjadi objek wisata. Di tempat yang sama pula, peserta melakukan ibadah sholat dan makan malam sebelum kembali ke asrama.