Sejarah

Sekilas Tentang IPOLS

Pada tahun 2008 Fakultas Hukum Unniversitas Muhammadiyah Yogyakarta secara resmi membuka Program Internasional yang diberi nama International Program for Law and Sharia (IPOLS). Program yang diseleggarakan dalam bahasa Inggris ini menawarkan berbagai keunggulan dan keunikan diantarannya: Konsep Hukum berwawasan Syariah, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Lingkungan belajar yang kondusif, serta berbagai kegiatan internsionalisasi. Program ini terbuka untuk mahasiswa lokal maupun asing.
Tujuan Program ini adalah untuk melahirkan Sarjana Hukum yang berkarakter serta memahami Hukum Positif dan Hukum Islam. Pada akhirnya lulusan IPOLS diharapkan mampu menganalisa dan menangani kompleksitas masalah hukum, berkontribusi dalam pembangunan hukum nasional serta mampu bersaing di tingkat lokal, nasional maupun global dan sanggup menegakan keadilan, mengabdi pada bangsa, negara dan umat.
Beban Studi untuk menjadi sarjana hukum di IPOLS adalah sebanyak 145 SKS termasuk 20 SKS diantaranya matakuliah berbasis Syariah seperti Pengantar Hukum Islam, Hukum Wakaf Zakat, Hukum Perdata dan Pidana Islam, Hukum Perbankan dan Keuangan Islam, Politik Ketatanegaraan Islam, Hukum Acara Peradilan Islam, dan Kemuhammadiyahan. Masa Studi rata-rata di IPOLS 3,5 atau 4 tahun.